Minggu, 29 Oktober 2017

Sedikit Tentang Mamah

Enggak kerasa hari demi hari berganti begitu cepat. Enggak kerasa juga udah mau akhir tahun. Dan enggak kerasa juga gue masih nganggur belum dapet kerjaan. Hiks jujur ada rasa bersyukur karena status pengangguran ini. Gue jadi tau mana yang temen banget dan mana yang temen aja. Gue juga jadi enggak harus pura-pura baik sama cewek yang coba deketin karena cuma ngincer gaji gue. Pokoknya alhamdulillah.....


Tapi selain bersykur gue juga manusia. Suka ngeluh, khususnya ke orang tua. Orang yang paling banyak banget denger cerita gue, denger keluh kesah gue. Tapi ya gitu, orang tua juga manusia, kalo di jadiin tempat sampah tiap hari juga jenuh. Kadang juga malah bikin-niki pernyataan yang bikin gue menyesal karena udah ninggalin kerjaan yang sebelumnya. Hiks...

Gue akuin, selama gue nganggur emang banyak banget kegiatan-kegiatan yang bisa gue lakuin. Beda banget pada saat gue kerja dulu. Mau nulis aja susah, jangankan nulis deh, bikin susu sendiri aja kadang enggak sempet karena pulang kerja, tidur, kerja lagi, tidur lagi. Asli monoton banget hidup kayak gitu. Akhirnya mamah yang bikinin gue susu, mamah yang kadang juga masakin gue mie buat makan sepulang kerja. Enggak tau deh gue ngerasa bahwa mamah adalah wonder woman di kehidupan nyata.

Bukan berarti selama gue ngenggur gue enggak ngeribetin mamah. Justru malah lebih-lebih. Gue waktu kerja dulu ngerepotin mamah juga gue bisa ngasih uang tiap bulan kepadanya. Nah ketika nganggur sekarang rasanya gue berdosa banget. Ngasih duit enggak, ngerepotin tiap hari. Makannya kadang gue suka jarang dirumah soalnya enggak mau mamah repot karena gue. Gue pengen mamah gue berpikiran kalo anaknya lagi usaha buat kerja. Padahal kalo gue enggak dirumah itu ya cuma main. Main game online.

Hingga pada akhirnya gue dapet tawaran kerja di luar kota. Tepatnya ke bekasi. Kota yang pernah gue kunjungi ketika gue patah hati beberapa bulan yang lalu. Dengan tawaran semacam itu gue langsung senyum-senyum sendiri, loncat-loncat di tempat karena kalo loncat sambil jalan-jalan serem juga ya. Pokoknya seneng. Gue ada kesempatan buat reuni sama kota persinggahan di beberapa bulan yang lalu.

Tapi jalan gue enggak mulus. Karena gue harus berhadapan dengan lagi-lagi restu orang tua. Gue enggak boleh egois. Gue harus konsultasikan ini kepada keluarga termasuk adik gue. Mamah sangat sayang kepada gue. Kata mamah gue adalah anak terbaik yang dimilikinya, bapak juga setuju dengan perkataan mamah tersebut. Karena adik gue bandelnya bukan main. Meskipun berjenis kelamin perampuan, dia susah banget kalo di bilangin orang tua. Gue kadang juga ikut memarahi adik gue kalo mamah udah capek. Pokoknya sifat adik gue banyak sekali yang berbeda dari kakaknya.

“mah, andry dapet tawaran kerja” gue coba mulai perbincangan. Waktu itu keluarga kumpul di kamar adik gue sedang asik menonton TV.

”dimana? Kerja apa?” bapak gue nanya

“di bekasi pak jadi editting foto, editting video gitu” jelas gue

“hah? Jauh amat. Enggak usah ah” kata mamah

“tapi mah, andry kan cowok” gue coba membantah

“ya terus kalo cowok kenapa? Disini kan ada orang tua. Udah sabar aja. Ntar juga dapet disini” kata mamah lagi. Bapak gue cuma bisa diem sambil ngajarin adik gue yang lagi belajar.

“pak gimana?” gue coba mita pembelaan

“enggak usah mau di bela bapak” kata mamah gue

“ikutin mamah aja. Surga kan bukan di telapak kaki bapak” jelas bapak gue

“oh yaudah iya andri nurut” gue pasrah

Sejujurnya itulah yang gue takutkan tentang restu orang tua. Mamah gue bener-bener enggak mau gue juah. Dia pengennya gua terus di awasi sama dia. Tapi gue kadang mikir kalo kayak gini terus gue enggak bakal maju. Gue enggak bakal punya pengalaman ngerantau di kampung orang. Gue ngerasa cowok kok kayak gini amat. Apa-apa enggak boleh, apa-apa di larang.

Tapi enggak salah juga apa yang dikatakan oleh bapak. Kalo gue enggak nurut sama mamah, bisa-bisa gue enggak masuk surga. Bisa-bisa gue di kutuk kayak malin kundang. Bisa-bisa jalan hidup gue enggak berkah. Dan bisa jadi juga gue celaka di tenagh jalan. Karena ustad selalu bilang ridho orang tua adalah ridho Tuhan juga.

Dia juga selalu ngelarang kalo gue kerja di jakarta. Katanya jauh, kasian, belum macet, capek doang di jalan. Ya emang enggak ada yang salah sih dengan apa yang di katakannya. Tapi gimana ya? Sekali lagi gue kan cowok. Enggak boleh lemah. Harus strong alias kuat dengan keadaan jakarta yang macetnya nyebelin banget. Mamah terlalu membatasi segala gerak gerik gue.


Begitulah mamah, gue tau banget kalo dia sangat sayang pada gue. Yang bisa gue lakukan adalah nurut, nurut, dan nurut. Anehnya teman-teman yang pernah main kerumah selalu bilang kalo mamah gue baiknya enggak ketulungan. Baik temen cewek ataupun cowok. Alhamdulillah sih tapi aneh aja padahal mamah gue resenya abis-abisan. Wkwk kalo ada yang punya kisah tentang mamahnya bisa isi kolom komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar