Kamis, 12 Oktober 2017

Beberapa Faktor Orang Di Bully

Akhir-akhir ini gue jadi sering mikir “oh gini rasanya jadi artis”. Pikiran itu muncul karena gue sering dapet hinaan-hinaan dari orang yang bisa di bilang haters. Ya namanya juga orang. Perempuan cantik seperti syahrini pun banyak yang menghina. Apalagi gue cuma bocah kampung yang masih ingusan. Setelah gue teliti lebih jauh sih ya, sebenernya ada beberapa faktor yang menyebabkan orang di bully. Lagsung aja deh gue jabarin nih.

ORANG ITU BEDA
Perbedaan itu banyak banget di permasalahkan di bumi ini. Bukan Cuma di indonesia aja. Di luar negeri pun banyak terjadi konflik karena perbedaan. Gue ngerasa kalo gue itu beda dari orang kebanyakan. Gue enggak neliti secara serius terkait hal ini. Yang gue tau, ya gue emang beda aja dari orang kebanyakan. Kalo misal orang-orang pada mikir A. Gue mikir B. Kalo misal orang-orang ngelakuin hal A, gue ngelakuin hal B. Mungkin itu penyebab orang-orang pada ngehina atau ngebully gue.

Contohnya yang pernah gue temuin sih gini

Gue waktu itu nongkrong sama anak2 baru kenal di sosmed. Kalo enggak salah gue waktu itu nongkrong di warkop pinggir jalan gitu. Pada saat itu gue di tawarin rokok. Karena gue enggak ngerokok, ya mau enggak mau gue tolak.

“rokok ndri” kata salah satu anak-anak tongkrongan

“wah sorry bang, gue enggak ngerokok. Hehe”

“wkwk bencong lu” timpal salah seorang di tongkrongan itu

“Lah. Hahahaha. Sekarang bencong mana yang kga ngerokok kaya gua? Hampir semuanya ngerokok” tukas gue sambil ketawa

Karena perkataan gue suasana tongkrongan jadi hening. Mungkin pada mikir. Tiba-tiba aja ada orang yang narik baju gue sambil bilang “ngomong apaan lu” ya gue jawab aja “lagi bahas bencong kan bang? Situ kesindir?” tiba-tiba di warkop jadi ricuh. Gue hampir mau berantem sama salah satu anak tongkrongan disitu tapi untungnya anak-anak yang otaknya rada pinter pada misahin. Setelah kejadian itu gue enggak pernah lagi nongkrong-nongkrong enggak jelas sama anak-anak yang kurang pinter.

ORANG ITU BERUNTUNG
Nih yang kedua gue juga pernah ngalamin. Gue enggak tau kenapa gue beruntung. Mungkin karena emang udah takdir Tuhan kali ya. Ceritanya gini saat itu gue pacaran selalu sama orang yang cantik-cantik. Kata temen gue. Kalo menurut gue sih ya emang cantik. Kan pacar. Cinta kan buta. Ternyata kebutaan itu menular pada orang lain.

“ndri cewek lu cantik dapet pelet dimana?” temen gue nanya. Gue tau dia bercanda. Gue bales aja

“gue pesantren di banten 7 tahun” jawab gue

“anjir pantesan. Percayalah”

Namanya Doni, dia baru sekitar 5 bulan jadi temen gue. Belum tau apa-apa udah berani. Wkwk bukannya apa-apa sih ya. Tapi kan usia 5 bulan itu yasalam awal banget buat saling ejek. Maksud gue nunggu setahun kek atau 2 tahun kan mending. Yang bikin gue ketawa lagi adalah sejak kejadian itu dia jadi percaya kalo gue mantan santri di banten. Dia sering minta do’a ke gue buat dapetin cewek.

minta do’anya ndri” ucap doni

“do’a apa don?” tanya gue

“biar dapet cewek cantik”

“wkwk ntar ya gue cari dulu” gue ketawa

Namanya juga orang, tetep aja mau di baikin atau di jahatin juga dia selalu ngebully gue katanya ceweknya kelilipan atau gimana. Kalo kata temen gue “kita sebagai manusia, di mata manusia lain tuh keliatannya salah doang. Nanti keliatan benernya mah pas udah mati”

ORANG ITU TUKANG BULLY
Yang ketiga ini ibarat karma lah istilahnya. Dan yang ketiga ini emang gue banget. Jujur gue juga orangnya seneng banget ngehina-hina orang. Bahkan kalo ada pemulung yang enggak bisa mulung gue bully abis-abisan. Kalo untuk contoh yang ketiga ini banyak banget contohnya. Tapi bakal gue ceritain satu aja ya. Soalnya kalo semua mah bisa jadi novel nih tulisan.

Berawal dari sekolah nih. Saat itu temen gue yang sok pinter maju depan kelas. Namanya bilkis. Dia ngerjain soal matematika dengan rumus rumit. Sialnya dia bisa. Asli gue enggak terima. Akhirnya begitu dosennya keluar dan bilkis sibuk ngobrol sama temen-temenya. Gue hapus aja satu angka. Gue maju kedepan dengan alesan mau ke kamar mandi. Ya gitu sambil jalan keluar sambil gue hapus satu angka yang menurut gue penting.

Singkat cerita akhirnya guru itu sadar dan bertanya

“kenapa hasilnya segini? Coba kamu maju kedepan!!” guru itu nunjuk bilkis

Bilkis maju ke depan. Dia tampak kebingunagn. Gue cuma bisa ketawa kecil sambil ngeliatin ekspresinya bilkis.

“pak ini ada yang hapus kayanya. Harusnya begini yang bener” bilkis tau kalo ada yang ngapus dan memperbaikinya.

“halah lu mah lupa itu kis. Pasti baru inget kan tadi kan rumusnya” teriak gue dengan muka nyolot
“woy pasti lu nih yang ngapus” teriak bilkis

“udah-udah. Andri coba kamu kerjain nomor 4 di papan tulis!!!!” tegas dosen ke gue

Sial, itulah karma kalo menurut gue. Sejak hari itu gue di bully karena enggak mampu mengerjakan soal matematika. Tapi dari situ gue jadi belajar tentang rumus matematika dan bersyukurnya gue mendapat nilai baik. Walaupun nilai itu enggak bisa mengalahkan nilai bilkis, gue cukup bangga dengan usaha gue waktu itu.

Mungkin cuma itu yang bisa gue jabarin. Walaupun Cuma sedikit semoga bermanfaat buat yang baca. Hahahaha

Oh iya walaupun kehidupan gue di kelilingi oleh orang-orang yang tukang bully. Ada juga kok orang-orang baik yang percaya dan nerima skill plus perbedaan yang gue punya. Merekalah nantinya orang-orang yang gue cari pada saat gue sukses. Merekalah nanti orang-orang gue rangkul ketika gue sukses.

Jujur gue sih orangnya enggak pemarah ya. Tapi lucu aja gitu. Masa iya orang yang enggak tau apa-apa tentang orang lain bisa ngehina orang itu. Hahahaha apalagi kalo sampe ngehina-hina keluarga, sodara, pokoknya aneh aja sih ya sama orang yang suka ngebully tapi dia tuh enggak tau apa-apa tentang orang yang di bully-nya itu. Wkwk dasar orang


Untuk orang-orang yang suka ngebully gue sih gue sama sekali enggak marah ataupun dendam. Gue Cuma cukup tau dan ngucapin terima kasih khususnya karena kalian, hidup gue berwarna. Hahahaha. Kalo ada yang punya kisah lain bisalah ramein di kolom komentar. Pasti gue bales kok. See you.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar