Senin, 28 Agustus 2017

Terlalu Pemilih

M
enurut data yang gue lihat di google, katanya di indonesia ini jumlah cowok lebih banyak daripada cewek. Gue belum sempet cara tau kenapa bisa seperti itu yang jelas gue setuju dengan google. Kenapa gue bisa setuju? Mari gue ajak kalian telusur balik.


Pada sekitaran tahun 2013 sampai 2014, indonesia pernah heboh dengan kemunculan eyang subur. Bagaimana tidak? Seorang yang telah lanjut usia alias kakek-kakek ini mempunyai istri delapan orang. Awalnya gue sempet enggak percaya. Ya paling cuma berita broadcast atau berita hoax. Dan begitu gue coba cari tau dari berbagai macam situs berita, ternyata benar. Buset gue dapetin pacar satu aja kudu solat lima waktu dulu. Itu fakta yang pertama

Fakta yang kedua, dua tahun belakangan, indonesia juga sempet rame dengan berita poligami. Mulai dari ustad al-habsyi sampai aa gym. Dan yang paling ironis, istri kedua mereka bisa di kategorikan cantik-cantik. Tentu saja gue sebagai jomblo sangat iri dan sempet enggak percaya juga dengan berita tersebut. Tapi setelah gue cari tau, ternyata bener lagi.

Fakta yang ketiga, ini datangnya dari temen gue sendiri. Sebut aja Yudi. Yudi sangat beruntung di anugerahi tampang yang cukup ganteng. Kulitnya puith, postur badannya juga sangat ideal buat menjadi daya tarik perempuan. Kebetulan dia emang hobbi banget main basket. Jadi wajar aja kalo dia banyak di gandrungi banyak perempuan.

Pernah suatu hari ketika gue nongkrong sama dia, gue diem-diem ngeiiat chattan dia sama cewek-cewek. Gila gua kaget, ada puluhan perempuan yang sayang-sayangan sama dia dan anehnya semua perempuan itu Yudi pacarin. Gila beda jauh banget sama gue. Gue kalo di chat orang paling dari temen nanyain tugas kuliah.

Dari ketiga fakta diatas gue mulai bisa percaya diri buat enggak ketakutan dalam hal mendapatkan pacar atau bahkah jodoh. Ya emang sih tampang gue enggak seganteng aliando, tapi dengan fakta-fakta itu gue ngerasa cewek emang banyak banget di indonesia. Tergantung tingkat usaha kita dalam mendapatkannya aja.

Dari situ juga gue mulai jadi tipe cowok yang pemilih. Gue pernah kenal sama cewek yang namanya Bunga. Cantik, baik, tapi kalo dibandingin sama raisa sih masih kalah cantik. Gue kenal dia dari twitter. Kebetulan dia anak tangerang juga. Dari chat-chatan di twitter gue kategorikan dia sebagai cewek yang asik. Dia pinter nyari topik, dan wawasannya luas mengenai cinta.

Karena udah bosen komunikasi lewat chat, kami berdua sepakat untuk bertemu di daerah kota tangerang. Waktu itu di sebuah cafe yang ada di pasar lama. Gue masih inget banget dia keliatan cantik dengan kaos warna merah berpadu dengan calana levis tanggung yang panjangnya selutut. Kita duduk diantara banyaknya pasangan waktu itu. Ternyata Bunga beda banget sama di dunia maya. Di dunia nyata dia lebih banyak diam dan memainkan handphone-nya. Mungkin dia kecewa karena foto gue lebih ganteng daripada aslinya. Tapi ternyata Bunga emang orangnya begitu. Gue tau dari dia sendiri.

“gue emang gini ndry, aslinya pendiem kan? Hehe”

“iya lu pendiem banget. Main handphone mulu” bales gue

“hehehe abis bingung mau ngobrolin apa”

“hehehe iya gpp”

Setelah kejadian itu gue coba menghindar karena gue enggak nyaman. Cowok kan milih. Hehe.....

Di pertengahan tahun 2016, gue juga kenalan sama cewek di instagram. Enggak cantik-cantik banget sih. Cuma senyum dia manis. Kulitnya juga enggak putih bersih kaya Bunga. Pokoknya kalo masalah fisik dia masih di bawah Bunga. Gue suka karena dia seru. dia tau cara bikin gue senyum-senyum. Dia tau cara bikin gue seneng. Sebut aja namanya Riska.

Gue sama Riska menjalani huBungan PDKT selama sebulan sebelum akhirnya Riska gue tinggal. Selama sebulan itu kita jalan bareng sebanyak tiga kali. Pertemuan pertama, Riska udah banyak cerita kalo dia suka sama drama korea. Tentunya gue cuma bisa diem karena enggak ngerti apa-apa tentang drama korea.

Pertemuan kedua dan ketiga Riska sangat cemburuan sama temen-temen kampus gue. Dia sering nyindir-nyindir gue ketika jalan bareng. Pokoknya apa yang dibuat Riska di awal justru malah berbanding terbaik ketika sudah mengenalnya selama hampir sebulan. Riska bikin gue enggak nyaman sama sifat semburunya itu. Bahkan gue sempet di larang buat ngumpul-ngumpul sama temen-temen kampus gue. Haft....

Dua bulan setelah Riska, Tuhan mengirimkan satu perempuan lagi ke gue. Namanya Klara. Nama yang bener itu “clara” sih. Tapi gue lebih seneng nulis nama dia pake huruf “K”. Alesannya klasik, karena gue cinta indonesia. Hahaha....

Gue kenal Klara lewat JNE. Eh enggak gue becanda. Gue kenal dia lewat twitter juga. Gue suka karena dia sering banget ngetweet yang lucu-lucu. Ya jarang-jarang juga ada orang cantik yang lucu. langsung aja gue dm di twitter. Enggak disangka-sangka respon dia baik banget. Gue kan makin suka jadinya.

Enggak mau lama-lama langsung aja gue ajak jalan. Waktu itu kami nonton film the doll. Klara beda banget sama yang di twitter, kalo di twitter dia cantik, kalo di dunia nyata dia cantik banget. Gue sampe betah ngeliatin mukanya tau-tau filmnya abis. Klara orangnya to the point banget, enggak jaim alias munafik. Kalo dia laper ya bilang laper, kalo dia haus ya bilang haus. Bahkan sesusai nonton dia bilang kalo dia laper.

“ra, lu laper ga?” tanya gue sambil berjalan keluar bioskop

“laper ndry. Hehe” jawab dia

“makan nasi goreng pinggir jalan aja ya” gue menawarkan

“gua mau makan dirumah aja ndry. hehe” jawab Klara

Dari situ gue ngerasa kalo Klara emang bukan kelasnya orang menengah kebawah seperti gue. Klara harusnya diajak jalan sama cowok yang ngajak makannya bukan di pinggir jalan, tapi kaya solaria, hokben, dan lain lain.  Setelah kejadian itu gue menghindar. Gue menghilang di twitter. Ada dm masuk dari Klara tapi enggak gue bales. Gue pikir Klara berhak mendapat cowok yang lebih baik dari gue.

Kejadian-kejadian tersebut gue ceritakan kepada sepupu gue. Namanya Beti. Cantik sih, tapi udah punya pacar. Dialah satu-satunya sepupu yang dekat dengan gue. Gue sering cerita tentang cewek-cewek yang udah deket tapi enggak pernah jadian. Karena dia cewek, gue berharap dapet masukan yang pas.

“teh gimana menurut lu?” tanya gue ketika gue main kerumahnya

“ya gak gimana-gimana, lu mah terlalu pemilih” jawab dia sambil main handphone

“terlalu pemilih gimana? Kan gue cowok”

“ya emang sih cowok itu milih, tapi kan enggak seenak jidat bikin anak orang baper terus lu tinggalin” jawab Beti agak keras

“atuh gimana teh, kan enggak nyaman”

“ya coba aja dulu terima kekurangannya. Lu kalo nyari cewek yang lu mau mah kapan punya pacarnya?”

“yaiya sih”

“iya iya doang. Mikir andry. Si Bunga kasian tuh. Masa cuma gara-gara dia pendiem lu tinggalin. Dih. Riska sama Klara juga kan lu belum kenal jauh. Coba beberapa bulan. Kalo emang masih enggak nyaman ya baru ambil keputusan” Beti nyeramahin gue

Dari situ gue mikir, emang bener yang di ucapkan Beti. Enggak seharusnya juga gue terlalu pemilih gitu. Dan dia juga enggak bener. Enggak bakal ada cewek yang sesuai keinginan gue. Padahal harusnya gue bersyukur karena mengenal perempuan-perempuan yang menerima segala bentuk kekurangan gue. Gue ngerasa berdosa sama cewek-cewek yang udah gue tinggalin sebelum jadian.

“semua cewek punya kekurangan dan kelebihan. Lu enggak bisa langsung nilai kalo cuma sekali dua kali jalan” tambah Beti ketika gue lagi diem

Gue cuma bisa ngangguk. Gue enggak tau harus ngomong apalagi. Dari ngobrol bersama Beti gue dapat menarik kesimpulan bahwa “Terlalu memilih emang enggak baik. Tapi enggak milih-milih juga enggak baik. Ya terima aja orang yang nerima lu apa adanya. Toh cinta kan emang belajar menerima” terimakasih Beti. Mulai detik ini gue akan belajar menerima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar