Minggu, 27 Agustus 2017

Tembok Besar Bernama Restu


D
i awal tahun 2017 kemarin, gue berkenalan dengan perempuan yang bisa di bilang gemesin. Pipinya yang embem dan rambutnya yang panjang membuat daya tarik sendiri di mata gue. Sebut saja bambang, umhh sorry, Rani maksudnya. Gue kenal sama Rani disebuah tempat makan yang cukup terkenal di setiap kota. Ya bener, KFC.

Bukan bermaksud endors atau gimana, gue emang bertemu Rani disana. Saat itu gue dikenalkan sama salah seorang temen gue yang biasa di panggil codot. Entah siapa yang memberi nama panggilan itu, gue rasa cukup jahat karena tampang si codot itu enggak jelek-jelek amat. Kalau dibikin perbandingan ya hampir-hampir mirip sama saepul jamil. Kulitya putih,badannya gemuk, hidungnya agak mancung. Tapi rambutnya kriting seperti putra uma. Yang gak tau putra uma bisa cek di google.

Codot sengaja ingin mengenalkan temannya kepada gue karena ia tau Kalau gue baru aja di bikin sakit hati oleh arina. Jadi ceritanya waktu itu gue bete dan mutusin buat nonton film “Don’t Knock Twice” sendirian. Temen-temen gue pada sibuk, pacar enggak punya, sakit hati masih ada, codot enggak suka nonton film di bioskop. Itulah yang membuat gue nonton sendirian. Sesudah membeli tiket, gue dapet chat dari codot.

“ndry, lagi dimana?” tanya codot

“nonton nih dot” jawab gue

“mau gue kenalin cewek gak?”

“mau dot. Anak mana?”

“ntar aja lu tanya sendiri. Abis nonton ke KFC ya”

“oke”

Gue enggak terlalu mikirin cewek yang bakal di kenalin codot, gue masih penasaran sama film yang mau gue tonton. Lagian film tersebut juga emang udah jadi inceran gue di awal tahun. Ketertarikan gue sama flm horror itu dimulai dari film “insidious”. Menurut gue film-film horror luar negeri ini emang lebih keren ketimbag film horror dalam negeri. Belum pernah gue nemuin adegan film horror luar disebuah diskotik terus ceweknya mabok, kemudian terjadilah koko crunch. Sama sekali belum pernah.

Di dalem bioskop, gue duduk sendirian di tengah tengah. Tepatnya di C-16. Kiri kanan gue kosong. Ada juga di paling atas terus dipojokan. Di kursi B ksosong. Yang rame di kursi bagian E. Gue enggak ngerti kenapa orang-orang yang nonton ini demen banget di depan. Apakah mereka pengen ngeliat setan-nya secara jelas? Kalau duduknya di paling atas terus di pojokan sih gue paham banget mereka itu mau ngapain. Soalnya gue juga bakal duduk disitu Kalau nonton sama cewek. Hahahahaha....

Singkat cerita, seusainya film gue langsung menghubungi codot terkait janjinya ingin mengenalkan gue dengan perempuan. Sengaja gue enggak ceritain secara detail gimana keadaan di dalem bisokop, soalnya banyak kejadian aneh terutama ada suara samar-samar yang arahnya dari kursi pojokan paling atas.

Gue kemudian menelepon codot karena Kalau di chat enggak bakalan efektif.

“dot jadi kaga?” tanya gue lewat telepon

“jadi bro. Gue udah di TKP nih sama ceweknya. Di jamin lu suka lah. Hahahaha”

“lu tau sendiri gue orangnya milih-milih”

“yaudah ndry kesini aja dulu. Kalau emang enggak memberikan kenyamanan kan bisa jadi temen aja” codot bersabda

“oke dot. Tunggu ya. Gue otw”

Gue bergegas keluar dari parkiran. Sialnya malam itu ban gue bocor. Sekitar pukul sembilan malam gue harus nyari tukang tambal di sekitaran citra raya. Untungnya tukang tambal di pom bensin masih buka. Ban gue selamet malam itu. Gue sampe KFC sekitar setengah sepuluh. Seperti biasa, KFC belum sepi meskipun jam setengah sepuluh. Jam setengah sepuluh itu udah malem menurut gue.

“anjir lama banget lu kutu beras” ujar odot ketika gue dateng

“anjir ban gue bocor codot” ujar gue dengan muka nyolot

“hahahaha biasa aja kali. Duduk lah, mau minum apa?”

“milo aja dot, biar gue menang tiap hari”

“pesenlah sendiri. Emangnya lu raja harus gue layanin?”

“asem, tadi kenapa lu nyuruh gue duduk? Fakyu”

“hahahaha” codot tertawa kemudian gue lihat salah satu perempuan juga ikut tertawa. Gue yakin itu cewek yang ingin di kenalkan codot. Ya, namanya Rani.

Codot nongkrong bersama tiga orang temannya dan salah satunya adalah Rani. seperti yang gue jelaskan di awal, pipi Rani ini embem banget. Gemesin gimana gitu. Terus rambutnya juga panjang terurai alias enggak di kuncir. Yang bikin gue kaget adalah dia pake jersey madrid. Di dalem hati gue “ah dia suka real madrid. Berarti sukanya sama cowok yang ganteng”

Gue ngobrolin banyak hal bareng Rani. codot juga ngerti, dia ngebiarin gue ngobrol secara nyaman bareng Rani. Rani juga enak di ajak ngobrol. Wawasannya luas. Apalagi tentang real madrid. Dari mulai pemain, pelatih, lagu kebangsaan spanyol, dia tau semua. Berbeda dengan gue, walaupun gue suka sama barcelona, gue enggak tau siapa pelatihnya, gue enggak tau formasi apa yang di pake, gue enggak tau lagu kebangsaan spanyol. Yang gue tau, cinta itu buta. Halah......

Bukan cuma soal real madrid, Rani juga mempunyai banyak pengetahuan tentang dunia perfilman. Dia tau banget film yang abis gue tonton. Katanya filmnya biasa aja. Masih keren film “lights out”. Gue Cuma bisa bilang “setuju” karena emang bener, Kalau di bandingin “lights out”, “don’t knock twice” sangat kalah jauh. Gue ngerasa nyambung ngobrol sama Rani kecuali tentang real madrid. Dan yang paling penting gue tau dia tinggal dimana. Jadi kan enak kalo pengen maen. Hahahaha.....

Di tengah-tengah obrolan, tiba-tiba handphone gue berdering. Ternyata telepon dari bapak.

“eh angkat tuh bapaknya nelepon. Hahahaha” ujar Rani keliatan mengejek

“ehehehe bentar ya ran” Gue nyengir sambil berjalan ke empat yang efisien untuk mengangkat telepon.

Gue tadinya berpikir ada hal penting kenapa bapak nelepon. Ternyata dia cuma nanya “ini jam berapa a?”. Gue berharap, kalian yang membaca tulisan ini paham dengan pertanyaan aneh tersebut. Ya bener, itu pertanyaan sindiran biar gue ngeliat jam. Gue yakin telepon itu bukan kemauan bapak, melainkan mamah. Mamah gue terlalu sayang pada anak laki-laki satu-satunya ini. Bapak gue sih slow karena dia tau meskipun gue pulang pagi, gue enggak akan hamil. Akhirnya gue coba meyakinkan bapak dengan jawaban “ini otw pulang” karena begitu melihat jam, ternyata sudah jam sebelas malam.

Enggak berasa ngobrol sama orang yang seru. Waktu berasa cepet. Gue kembali menghampiri Rani dan coba buat jujur ke dia.

“ran, gua mau jujur boleh ya” ucap gue dengan nada yang agak sedikit pelan

“oh iya ndry, ada apa?”

“tadi yang nelepon bapak. Udah malem katanya” jelas gue

“hahaha iya udah malem”

“lu mau nginep?”

“enggaklah ndry. Hahahaha ya ayo pulang. Ajakin si codot.” Jelas Rani sambil cengar-cengir

Akhirnya kami pulang secara berbarengan. Sebelum Rani keluar dari parkiran, gue kembali menghampirinya. Kali ini niat gue berbeda.

“ran sebelum pulang berdo’a dulu ya”

“iya ndry”

“udah hafal belom do’anya?” tanya gue

“belum sih. Hehe”

“yaudah minta nomornya biar nanti gue kirim do’anya via WA”

“yeeee modus. Hahahaha”

“yaudah Kalau enggak boleh. Enggak maksa”

“yaudah, bye andry. Hahaha” Rani berlalu meninggalkan gue.

Di dalam perjalanan, gue terus kepikiran Rani. Otak gue kembali di penuhi pertanyaan-pertanyaan aneh. Kenapa Rani enggak ngasih no handphone-nya? Apakah Rani menolak gue secara halus? Apakah gue salah jika ingin mengenal Rani lebih dalam?

Sesampenya dirumah gue langsung membaringkan tubuh di kasur. Sambil di temani lagu-lagu jikustik gue melihat langit-langit. Gue coba ingat lagi senyum Rani dan bagaimana ia tertawa dengan becandaan receh yang gue buat. Rani lucu, Rani seru. Tanpa sempat membaca do’a, gue ketiduran.
Esok harinya gue di introgasi sama mamah.

“semalem nonton pulangnya malem amat a” ucap mamah gue sambil masak

“nongkrong dulu sama anak-anak” jawab gue sambil menenggak segelas air

Mamah gue tidak menjawab dan ia tetap melanjutkan masak. Mamah gue emang selalu nanya kalau gue pulang kerumah sampe larut malam kecuali jika itu ada acara kampus atau acara pengajian. Dia membebaskan gue dari segala bentuk pertanyaan. Jujur gue sangat senang punya mamah perhatian, gue tau dia bukan enggak percaya sama anaknya. Tapi dia ingin melindungi anaknya dari hal-hal yang tidak di inginkan, semisal narkoba, minum bir, ngehamilin anak orang dan lain sebagainya.

Gue jadi inget perkataan bapak gue, “dari dulu emang mamah gue kaya gitu”. Katanya sebelum punya gue. Bapak gue sering juga di introgasi kalau pulang malem. Padahal mamah gue tau kalau bapak gue kerja shift malem. Gue Cuma ngangguk-ngangguk kalo dengar cerita bapak tentang mamah. Ya meskipun absurd, gue tetap menghargai cerita seseorang, karena cerita masing-masing orang kan enggak bakal ada yang sama sekalipun dia anak kembar.

Setelah melakukan kegiatan masak-memasak, inilah saatnya yang tepat buat gue cerita ke mamah terkait kegiatan nongkrong semalem. Gue mau cerita kalo anaknya lagi kesemsem sama cewek embem. Gue mau minta pendapat mamah apakah dia termasuk perempuan yang layak gue kejar atau enggak. Gue mau mamah tau kalo anak laki-laki kesayangannya enggak larut dalam keadaan patah hati.

“mah semalem aa kenalan sama cewek” ucap gue sambil mendekati mamah

“oh udah move on dari teteh arina? ciyeeeee” timpal adik gue yang kebetulan sedang sarapan

“woy anak kecil diem aja” jawab gue nyolot

“sempet foto gak buat pamer ke mamah?” ujar mamah gue sambil senyum-senyum

“ada nih, cakep. Tapi tau dah baik apa kaga” Jawab gue sambil mencari foto yang gue dapet semalem

“iya jangan kaya teteh arina. Cakep-cakep nyakitin. Hahaha” adik gue kembali nyerobot pembicaraan

Gue enggak nanggepin pernyataan adik gue.

“nih mah” gue nunjukin foto Rani ke mamah. Adik gue yang lagi sarapan juga langsung ikut nimbrung

“cakep a. Eneng naksir” ujar adik gue. Adik gue emang suka bercanda

“iya cakep, tapi mamah kaya kenal” ujar mmah gue yang sekaligus bikin gue kaget

Gue coba ngeliat adik gue. Adik gue mengangkat bahunya seolah enggak tau. Gue juga heran kok mamah bisa kaya kenal gitu. Padahal mamah gue orangnya enggak pernah keluar rumah kecuali pipis dan boker. Eh belanja sayuran juga keluar rumah sih. Hehe..

“ah iya ini mah namanya Rani ya?” sambung mamah gue sambil memperhatikan fotonya.

“kok mamah tau?” tanya adik gue

“iya ini temen kerja mamah waktu itu” sekedar informasi mamah gue pernah kerja di pabrik sendal selama hampir sebelas tahun sebelum akhirnya di PHK karena keadaan ekonomi pabrik yang memburuk. “pokoknya aa jangan pacaran sama Rani. Mamah tau banget Rani kaya apa. Kalo di pabrik nih ya, uhhhhh genitnya parah” Sambung mamah gue

Gue cuma bisa diem denger ocehan mamah. Gue dengarin baik-baik sampe akhirnya gue enggak tahan dan angkat bicara.

“tapi kan mah pacaran doang mah enggak apa-apa kali. Kan enggak buat nikah” bantah gue pada mamah

“kalo niat pacaran bukan buat nikah, aa mendingan enggak usah pacaran. Kasian anak orang. Kalo dendam sama arina jangan di lampiasin ke orang lain. Enggak baik” mamah gue bersabda layaknya mamah dedeh

Setelah mendengar mamah berbicara seperti itu, gue langsung diam. Ada benarnya juga apa yang dikatakan oleh mamah. Enggak seharusnya gue berpikiran kejam seperti itu. Enggak seharusnya gue menyimpan dendam. Kalimat yang mamah gue lemparkan benar-benar membuat gue skakmat.disamping itu gue juga enggak bisa menyangkal statement dia yang mengatakan bahwa Rani adalah perempuan yang genit. Biar bagaimanapun mamah lebih tau daripada gue. Mamah gue mungkin udah mengenalnya beberapa tahun, dan gue baru mengenal Rani semalam. Enggak pantes rasanya jika gue melakukan penyangkalan terkait hal tersebut.

Malamnya Rani mengirmkan sebuah chat “hai ndry, kapan ketemu lagi? hehe”. Tapi enggak gue bales. Gue juga tau dari codot kalau chat itu berasal dari Rani. Gue seperti mempunyai tembok besar yang sulit gue tembus.
Ekpresi gue ketika enggak bisa nembus yang namanya restu
Gue tetap harus nurut dengan perintah mamah. Walau jujur gue ingin membuang waktu bersama Rani paling enggak sampe rasa sakit hati gue hilang. Gue sangat takut dila harus membantah perintah mamah. Gue takut menyesal. Gue takut jika gue membantah, gue dan Rani akan menjalani hubungan yang enggak baik.

Gue juga sadar, bukan mamah yang menjalani hubungan gue kelak. Tapi sekali lagi gue ingin menghormati dan menuruti apa yang menjadi perintah mamah. Gue sering denger juga katanya ridho Allah adalah ridho orang tua. Kalau orang tua aja udah enggak ridho, gimana Alllah mau ridho? Sebelum hubungan gue dan Rani terlalu jauh, gue lebih baik mundur di awal. Karena jika tetap di pasksakan, justru malah menjadi boomerang untuk kedua belah pihak. Itulah yang selalu gue pikirkan.


Buat gue pribadi, cinta emang penting dalam setiap hubungan. Tapi cinta tanpa ridho orang tua tetaplah tidak akan bahagia. Rani cantik, Rani berhak mendapatkan cinta yang lebih daripada cinta dari gue. Rani berhak bahagia dengan apa yang di milikinya. Lagiula gue punya alasan mutlak jika suatu saat Rani meminta penjelasan kenapa gue enggak mau kenal dia lebih jauh. Semoga kalian yang baca tulisan ini ngerti. Dan semoga bila Rani membaca, Rani juga akan mengerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar