Jumat, 05 April 2019

Apresiasi Bapak


Beberapa hari yang lalu, gue sempet dapet apresiasi yang cukup bikin gue senyum-senyum dari bapak gue sendiri. Gue dan bapak beserta keluarga emang sering sharing selepas maghrib. Sharing apapun. Entah itu masalah cinta, entah itu masalah politik, entah itu masalah sekolah yang lagi di jalanin sama adik gue. Gue dan bapak emang sudah seperti teman kalau sudah sharing. Apalagi kalau bapak gue tanya-tanya soal kisah asmaranya dulu. Dia paling semangat.


Apalagi adik gue, dia juga yang paling semangat kalau dengerin kisah asmaranya bapak. Gue sih karena udah ngerasain pacaran kaya apa, jadinya gue suka nyari pesan moralnya aja. Kisahnya sih bodoamat. Sebab, masa dulu dan masa kini tentu beda gaya pacarannya. Hahahaha

Adik gue sebenernya masih kelas 2 SMP. Tapi gue dan bapak enggak masalahin dia perihal pembincangan kami. Karena gue dan bapak sepakat bahwa apa yang kami bicarakan, ada sisi positif yang bisa adik gue ambil biar dia enggak salah langkah kedepannya. Apalagi kan adik gue cewek. Gue dan bapak enggak mau nantinya adik gue salah langkah kalo udah masuk masa-masa pacaran.

Seperti perbincangan malam itu.

“dulu bapak kalo pacaran beda banget kaya aa” ujar bapak gue

“bedanya?” tanya gue

“ya rambut bapak mah enggak pernah kering. Basah terus pake minyak rambut” jawab bapak gue bangga

“oh gitu, terus?” tanya gue lagi

“penampilan bapak mah style, pake sabuk (ikat pinggang maksudnya) pake kemeja. Celana geh enggak pernah celana pendek kaya aa” lagi-lagi bapak gue membanggakan dirinya

“hahahaha” adik gue ketawa. Enggak tau ketawa ke siapa

“oh terus pernah nonton di bioskop enggak?” tanya gue

“pernah, tapi lebih sering ke layar tancep sih. Soalnya murah. Tapi resikonya banyak nyamuk” kali ini bapak gue enggak banggain dirinya

“hahahaha oh gitu ya pacaran bapak dulu sama emak” ledek gue

“iya gitu, tapi bapak mah salut sama aa. Tampil apa adanya banget, terus ceweknya cantik-cantik lagi. Kok pada mau ya sama aa?” apresiasi pertama dari bapak gue walau sambil menjatuhkan sih

“ya enggak tau. Hahahaha tanya aja sono sama ceweknya”

“ya susah juga orang udah putusan semua. Hahahaha” ledek bapak gue

“hmmmmm”

“bapak juga salut sama aa, kalo diputusin cewek kok kaya yang biasa aja. Beneran ini sih salutnya” apresiasi kedua dari bapak gue

“Lah. Hahaha atuh ngapain jadi stres? Kan aa ngerasa ganteng, punya duit. Kalo aa palyboy, jahhhh udah sering kali aa gonta ganti cewek. Aa aja inget punya adik cewek. Jadinya berusaha setia aja meskipun ujungnya diselingkuhin kek, diputusin kek. Bodoamat. Yang penting aa enggak berbuat jahat sama cewek” jawab gue

“tuh pak dengerin anaknya” ujar mamah gue yang sedari tadi cuma ngedengerin akhirnya mengeluarkan kalimat

“tapi aa dendam enggak sama mantan-mantan aa?” tanya adik gue

“awalnya sih pengen ngebales mereka, tapi bingung ngebalesnya gimana. Eh makin kesini yaudah jadi biasa aja. Mungkin awal mah karena sakit hati juga neng” jawab gue

“tapi dulu temen bapak kecil, ada yang bunuh diri a gara-gara diputusin cewek” ujar bapak gue dengan ekspresi yang serius. Kayaknya emang dia enggak lagi bercanda

“masa sih pak?” Tanya gue

“halah lebay itu mah pak, aa geh sedih mah pasti sedih. Cuma kan dia enggak terlalu mikirin dan enggak berlarut-larut juga. Iya kan a?” Ujar emak gue

“iya mak bener. Kan anak emak sama bapak mah ganteng” jawab gue

“IYAIN AJADAH BIAR CEPET” teriak adik gue

“nyamber ajalu kaya solar” jawab gue

“iya a beneran itu temen bapak sape bunuh diri. Gila aing mah. Makannya bapak salut sama aa” lagi-lagi bapak gue membahas temennya yang bunuh diri itu.

Menurut gue, bener kata emak. Tuh orang berlebihan. Apa karena zaman dulu enggak ada larangan buat bunuh diri? Pokoknya itu hal terkonyol. Gue jadi inget bukunya tere liye yang judulnya “daun yang jatuh tak pernah membenci angin” disitu dijelaskan, “biar bagaimanapun, hidup haruslah tetap berjalan”.

Hidup gue harus tetap berjalan walau ada dan tanpa dia. Walau sedih ataupun senang. Walau sepi ataupun ramai. Karena gue ngerasa Tuhan masih sayang kalau kita masih diberi kesempatan untuk bernafas. Jadi putus cinta jangan terlalu di pikirkan. Apalagi kalau di tolak, masa sih harus dukun yang bertindak?

Dalam kamus gue, segala bentuk paksaan dan segala macamnya adalah sifat pecundang yang sesungguhnya. Jadi kalo sama cewek, jangan suka maksa. Membujuk boleh, berusaha apalagi, itu kewajiban. Tapi jika harus memaksa. Duh bukan cowok banget deh. Kaya enggak ada cewek lain aja di bumi ini. Di mall aja banyak cewek cantik. Tinggal pinter-pinter dan pede aja buat kita kenalan. Caranya gimana? Duh sorry tulisan ini bukan tutorial dan gue juga percaya, tiap-tiap cowok pasti punya caranya sendiri buat bikin hati cewek yang disayanginya klepek-klepek. Hahahaha

Sekiann......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar