Kamis, 11 April 2019

Antara Bandung dan Jogja


Setiap manusia tentunya punya rencana atau planning. Menurut gue rencana atau planning inilah yang menentukan langkah kita ke depan. Kearah manapun kita melangkah, semua tergantung rencana atau planning yang kita bangun. Banyak juga yang memberi gue wejangan seperti “ngapain sih lu ndri ngebanyakin planning, hidup lu kan udah diatur Tuhan”. Gue enggak menyalahkan wejangan itu karena memang benar adanya, bahwa hidup kita sudah digariskan atau sudah diatur oleh Tuhan. Tapi kan enggak salah juga kalo gue punya rencana. Gue cuma enggak mau bingung langkah apa yang harus gue ambil selanjutnya.


“jadi gini bro, rencana atau planning itu udah gue anggep sebagai penguat atas takdir Tuhan, misal lu setelah lulus SMA punya rencana buat kerja, padahal Tuhan udah menggariskan lu kerja tapi kenapa lu masih punya rencana itu? Tapi emang kadang tempat kerjanya itu enggak sesuai sama yang kita rencanain, tapi kan lu bisa kerja juga. Jadi gitu bro, Rencana kita itu sebagai penguat takdir-takdir Tuhan” gue jelasin kaya gitu, temen gue cuma bisa bengong, mungkin dia enggak ngerti sama yang gue jelasin. Ya sama sih gue sendiri juga enggak ngerti sama apa yang gue jelasin. Gue pengen aja ngetik kaya gitu biar tulisan ini panjang. Hahahahaha

Jujur rencana gue juga belum mateng setelah lulus kuliah nanti mau ngapain. Pengennya sih kerja di industri kreatif gitu. Soalnya, gue udah bosen kerja di industri manufaktur. Pengen buka usaha sendiri, belum ada modalnya. Tapi, gue cuma punya pengalaman di industri manufaktur. Di industri kreatif? gue belum punya pengalaman secara tertulis. Kalo pengalaman kerja sih ada. Makannya gue bilang rencana gue belum mateng.

Gue coba bawa permasalahan itu ke bapak gue. Gue curhat sama bapak terkait langkah yang akan gue ambil setelah lulus kuliah nanti. Gue emang biasa curhat ke bapak ketimbang ke emak. Gue menganggap bapak gue lah yang paling mengerti problematika seorang laki-laki ketimbang emak. Tapi kalo gue ngobrolin manajemen keuangan, emak gue jagonya. Bayangin aja, bapak gue kerja sendiri, tapi emak gue bisa mengatur gaji bapak gue sehingga keluarga bisa makan selama sebulan. Keren kan. Yoi lah, the power emak-emak namanya juga. Hahaha

Jadi waktu beberapa hari yang lalu, bapak gue sempet nanya ke gue.

“a udah lulus mau ngapain? Nikah ya jangan sampe enggak nikah” bapak gue nanya tapi sambil nyuruh gitu. Gimana sih :(

“iya pak nikah mah pasti, tapi kan kerja dulu buat beli mahar-nya” jawab gue

“oh iya. Hehe iya kerja yang bener jangan resign-resign mulu” ujar bapak gue

“iya pak, tapi aa mau ngerantau tau. Menurut bapak enakan di bandung apa di jogja?” tanya gue

“ngapain ngerantau? Disini aja banyak pabrik. Ada orang tua lagi” tanya bapak gue

“ya pengen ngerasain aja kerja di industri kreatif, disini kan jarang industri kreatif” jelas gue

“oh gak tau si bapak mah industri kreatif gitu, tapi pengalaman bapak di bandung mah orangnya galak-galak” jelas bapak gue

Gue diem sebentar. Sambil mikir, masa sih galak-galak. Perasaan orang bandung di tangerang ramah-ramah. Ngomongnya alus-alus lagi. Tapi kan enggak mungkin juga bapak gue ngarang. Secara, bapak gue pernah di bandung pas bujangan. Kurang lebih dua tahun katanya. Dua tahun itu bapak gue kerja di pabrik kerupuk. Dan gaji pertamanya 32ribu.

“masa sih pak?” tanya gue

“iya, waktu itu bapak kan nyariin temen, otomatis liatin orang sana sini dong. Eh bapak langsung di gaplok. Katanya “naon sia nempokeun bengeut aing” kan parah” jelas bapak gue

“hahahaha ih parah ya. Terus selain itu kasus apalagi?” tanya gue penasaran

“pernah waktu itu bapak abis nganterin cewek pulang, eh kan bapak pulangnya sendiri. Terus lewat anak tongkrongan gitu. Eh bapak di kejar-kejar. Untung aja bapak punya temen orang situ, langsung aja masuk kerumah temen. Enggak tau itu kalo enggak masuk rumah temen mah. Terus pas di alun-alun di palakin. Pokoknya parah orang bandung dulu mah. Enggak tau kalo sekarang mah udah beda kali, da udah pada ngerti hukum sekarang mah” jelas bapak gue

“hahahaha ngeri juga ya. Iya kali pak beda sekarang mah. Di jalan asia afrika sama buah batu geh sekarang mah rame. Kalo dulu mah kan sepi kali ya” ujar gue

“iya dulu mah sepi, banyaknya orang-orang pada mabok terus nongkrong-nongkrong gitu” jelas bapak gue

“oke gan thanks infonya” jawab gue

“iya sama-sama, kalo aa emang mau nyoba mah sok mangga. Kalo enggak betah tinggal balik lagi. Bapak kan cuma nyeritain pengalaman bapak” jelas bapak gue

“iya pak, tergantung nanti dapet kerjaannya aja. Pokoknya antara bandung sama jogja” jawab gue
Enggak lama adik gue dan emak gue dateng. Enggak tau mereka abis darimana. Karena males di gangguin mereka, gue langsung pergi keluar rumah karena banyak temen-temen yang ngajak main mobile legends.

Pokoknya gue masih belum tau akan berlabuh dimana nantinya. Tapi rencana gue udah fix antara jogja atau bandung. Karena setelah kerja dan nikah, gue pengen ambil S2. Gue pengen ngerasain nafkahin anak istri sambil kuliah juga. Bakal segreget apa yak sensasinya? Hahahaha semoga terlaksana deh. aminnnnnnnn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar