Jumat, 30 Agustus 2019

Jadi Sarjana


Sarjana oh sarjana. Orang –orang yang mendengar kata sarjana pasti berpikiran

“enak ya nanti kerjanya kantoran”

“weh sarjana, pasti pinter nih”

“lu kan sarjana, masa enggak ngerti sih”

Padahal mereka enggak pernah tau kalo sarjana itu…………….


Entah kenapa, gue ngerasa belum percaya kalo gue bakal jadi calon sarjana. Rasa enggak percaya gue ini timbul karena gue bukan orang dari keturunan darah biru/konglomerat. Mungkin kalo gue keturunan dari darah biru, udah biasa lah yah anaknya kuliah. Bahkan itu menjadi suatu keharusan bahwa anaknya harus berpendidikan tinggi.

Kuliah ini adalah kemauan gue sendiri. Kemauan itu dating karena awalnya ngeliat temen-temen SMK yang pada kuliah. Emangsih bukan dari sendiri. Tapi dari situ gue mikir. “anjir kok temen-temen gue pada kuliah, nanti kalo temen-temen gue sukses terus ijazah gue masih SMK kayaknya mereka sulit juga deh bantu gue” akhirnya gue memutuskan buat ambil gelar S1 di universitas swasta yang ada di tangerang.

Orang tua gue emang enggak mampu secara finansial. Gue akhirnya harus kerja setahun dulu baru bias daftar kuliah. Jadi temen-temen gue udah pada semester 3, lah gue baru semester 1. Gapapa, yang penting gue bisa kuliah. Ujar gue dalam hati.

Perjalanan gue mendaftar kuliah enggak semulus kulit para artis korea. Gue harus adu debat dengan keluarga khususnya orang tua. Mamah dan bapak gue bener-bener enggak setuju kalo gue harus kuliah. Kata mereka kuliah enggak sebentar. Ya gue juga tau kalo kuliah enggak sebentar. Yang sebentar mah…….

Duh apa ya?

Gue enggak nemu punchline-nya. Hahahaha

Oke lanjut

Orang tua gue takut kalo misalnya gue berhenti di tengah jalan. Mereka mengingat status kerja gue masih karyawan kontrak. Itupun kontrak yayasan. Alasan mereka memang masuk akal. Ketakutan itu juga gue takutkan sebenarnya. Tapi ketakutan itu selalu gue buang karena gue percaya setiap orang punya rezeki walaupun tidak mempunyai gaji.

“mah, pak andry tau andry bukan karyawan tetap dan andry tau bapak dan mamah enggak bisa bantu secara finansial. Tapi percayalah kalian bisa membantu mendo’akan andry supaya andry bisa menyelesaikan kuliah dan kelak akan menadi orang yag berguna dan bisa membanggakan kalian” Entah kenapa gue bisa ngomong sekeren itu sama orang tua gue. Padahalmah sekarang aja masih jadi pengangguran. Hahahahaha

Akhirnya mereka diam. Mungkin mikir. Atau nahan mules. Gue enggak ngerti. Intinya setelah gue ngomong keren itu dan kemudian hening. Mereka menyetujui gue buat daftar kuliah yang waktu itu kontrak gue tinggal setahun karena gue dikontrak 2 tahun.

Akhirnya gue daftar di jurusan ilmu komunikasi. Ngambil jurusan itu bukan semata-semata gue pengen menghindari mata kuliah itung-itungan. Tapi gue udah konsultasi dulu sama beberapa orang. Dan mereka bilang ilmu komunikasi. Gue juga udah search di google terkait ilmu komunikasi. Dan gue ngerasa that’s really me

Sama seperti orang kebanyakan, awal-awal kuliah entah kenapa gue ngerasa keren. Apalagi sambil kerja. Nongkrong udah enggak minta orang tua. Biaya ngerjain tugas enggak minta orang tua. A cool feeling enveloped my heart. Tapi setelah masuk semester 4, 5, 6 rasa keren itu memudar dan berganti rasa males. Pengen cepet lulus, pengen cepet wisuda, pengen cepet nikah, dll. I’m tired

Karena gue menjalani kuliah ini seorang diri dan tentunya sambil kerja. Masalah silih berganti berdatangan. Dari yang mulai gue dapet nilai C sampe gue akhirnya habis kontrak. Itu bener-bener masalah buat gue karena dana gue buat bayar semester akhirnya harus hilang karena gue di putus kontrak. Selama setahun gue nganggur. Dari semester 4 sampe semester 6 gue menjalani hari-hari sebagai pengangguran. Dari yang awalnya sering nongkrong, selepas kuliah gue langsung pulang.

Lah itu lu ada ndry buat bayar semester

Iya gue nabung selama kerja itu karena gue manusia yang suka antisipasi. Orang tua gue enggak tau kalo gue punya tabungan sebanyak itu. Yang orang tua gue tau, gaji gue abis buat kuliah dan ngasih mereka.

Dan kemudian di semester 6 akhir gue dapet kerja. Dan itu pas banget dengan tabungan gue yang sisa 50rb. Gue langsung mikir, Tuhan benar-benar lebih tau tentang hambanya. Tapi setelah semester 7 berakhir. Gue kembai jadi pengangguran karena harus diputus kontrak. Sampai sekarang gue sedang menjalani skripsi. Dengan posisi nganggur.

Terus duit sehari-hari lu darimana ndry?

Alhamdulillah ada sepupu gue yang mau bantu dan gue mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan.  Hahahaha

Maka dari itu gue sampe sekarang pun masih bener-bener enggak percaya gue bis ada di titik ini. Di titik puncak yang sebentar lagi siding skripsi, wisuda, dan orang tua bangga. :’) Intinya jangan menyerah, tetap berjuang. Kita punya Tuhan dan Tuhan tidak tidur. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar