Rabu, 18 Juli 2018

Dear Instagram


Di jaman yang sudah instagramable ini, kayaknya kalo orang enggak punya instagram tuh kesannya gaptek, gak kekinian, norak, bukan manusia, dan masih banyak lagi sebutannya. Gue sebagai calon sarjana komunikasi setuju kalo orang yang enggak punya instagram tuh gaptek. Secara bikin akun instagram kan pake email. Orang enggak bisa bikin email aja gaptek, gimana orang yang enggak punya instagram. Tapi punya instagram atau enggak. Gue yakin enggak bakal di tanya juga sih di akhirat. Dor......


Dulu yang gue tau, instagram tuh cuma sosmed yang di khususkan untuk orang yang suka foto-foto. Baik itu foto alay, maupun foto model. Karena dulu instagram fungsinya ya pamer foto alias upload foto. Sekarang berubah coy. Seiring berkembangnya jaman dan teknologi. Instagram udah jadi sosmed paling multitalent. Sekarang aja udah ada instagram TV. Yailah mau saingan sama youtube. Bedanya kalo IGTV itu videonya harus potret, enggak bleh landscape apalagi nikung pacar orang. Halah......

Gue enggak mau sebutin satu persatu fiturnya karena yang membuat gue resah adalah fitur terbaru instagram yang lagi rame dipake. Yap bener, Q&A Instagram. Jujur gue resah dan enggak setuju juga sih sama fitur itu. Soalnya kan dari fitur instastory aja banyak orang yang merasa dirinya penting. Apalagi sekarang ada fitur tanya jawab gitu. Makin ngerasa penting nih orang-orang.

Sekarang gini, fitur Q&A itu kan di tempatin di story orang. Nah yang kampret adalah, ketika sebuah pertanyaan harus di jawab. Di jawabnya malah di instastory terus di bagiin ke publik. Kan nyampah. Situ artis? BCL aja pernah bikin story sampe titik-titik di bully netijen. Apalagi lu yang bukan siapa-siapa?

Gue setuju kalo fitur ini tuh membantu netijen yang enggak tau. Misalnya sang pembuat Q&A ini orang pinter sedunia. Jadi netijen kalo nanya apa aja tau. Lah ini cuma orang alay sok-sok-an bikin Q&A. Giliran di tanya soal kalkulus, dia jawabnya enggak ngerti. Giliran di tanya soal politik, dia juga jawab enggak ngerti. Terus apa manfaat dia bikin Q&A buat netijen?

Harusnya sebuah akun itu berkontribusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kan di pembukaan UUD udah jelas. Lah ini orang-orang kenapa yak pengennya di tanya kapan nikah mulu? Apa biar bisa jawab “kalo enggak sabtu ya minggu” gimana sih orang-orang instagram ini? heran deh gue.

Dan sang penanya juga harusnya nanya yang cerdas. Jangan nanya “mau gak jadi pacar aku?” atau “mau gak aku halalin?” yaelah. Orang-orang cemen doang tuh yang nanya begitu. Bikinlah sebuah pertanyaan cerdas semisal “kira-kira sang penemu telpon, pertama kali telponan sama siapa ya?” kan sang penjawab bingung tuh. Mau gak mau dia mikir. Walalupun jawabannya enggak memuaskan. Setidaknya sang penjawab di paksa mikir. Karena gue suka orang-orang yang banyak akal, banyak mikir. Bodoamat kepalanya botak yang penting mikir.

Jadi permintaan gue cuma satu nih buat instagram.

Dear Instagram

Tolonglah, fitur Q&A dibuat untuk akun-akun yang punya followers banyak aja kayak fitur swipe up” padahal fitur swipe up lebih berguna loh daripada fitur Q&A. Kenapa fitur swipe up cuma ada buat akun-akun yang punya followers 10k. Ini beneran enggak adil menurut gue. tolong ya instagram, tolong. Kasih fitur swipe up ke semua orang. Ya biar gue bisa pamerin blog gue ini ke orang-orang lemah di luaran sana. Makasih instagram. Semoga pesanku ini sampai pada dirimu.

Salam hangat dariku.

Andriestimate

Tidak ada komentar:

Posting Komentar