Rabu, 13 April 2016

Goodbye Amel


Kata orang, cinta itu harus di perjuangkan. Jangan cuma dateng terus bilang “aku jatuh hati” lalu sebulan kemudian hilang secara tiba-tiba. Entah orang itu namanya siapa yang pasti kalimat itu membuat otak gue memunculkan sebuah pertanyaan “kenapa sih cinta itu harus di perjuangkan?”.

Sampai pada akhirnya gue mengadakan sebuah survei kecil-kecilan dengan 10 orang teman gue. Salah satunya adalah bokap gue. Beliau emang gue anggep temen sejak gue memasuki usia 16 tahun di tambah pengalamannya banyak mengenai perihal cinta ini. Jadi gue ikut sertakan dia dalam survei ini. Enggak apa-apa ya. Dia enggak ngeribetin kok.

10 orang yang gue survei, 7 diantaranya menjawab dengan jawaban yang sama. Yaitu “karena kalo enggak di perjuangkan, si target enggak akan tahu letak keseriusan si pengincar”. Sisanya enggak jawab dan langsung kabur ketika gue datangi. Katanya takut di hipnotis terus dibawa main ke jauh seelah itu di congkel matanya. Ya ampun, gue keliatan kriminal banget ya kanyaknya.

7 orang yang menjawab lagi-lagi salah satunya adalah bokap gue. Gue makin yakin kalo bokap gue adalah mantan pakar cinta. Jadi selagi usianya 17 tahun, dia coba bereksperimen tentang perjuangan soekarno melawan penjajah. Lalu setelah di teliti ia terpkan perjuangan itu kepada pacarnya. Dia enggak kalah nge-hits sama anak-anak ibukota. Gue bangga sama soekarno.

Dari 7 jawaban yang sama itu, seketika aja gue inget sama Amel.

Jadi beberapa bulan yang lalu gue sempet jatuh hati atau jatuh cinta gitu deh sama Amel. (sekarang juga masih sebenernya. Cuma dikit). Awalnya gue ngerasa asik sama dia. Soalnya kalo udah chattan via bbm, enggak akan pernah selesai sampe indonesia jadi negara maju. Lah....

Tapi makin kesini, rasa gue sama Amel pelan-pelan mulai berubah. Mungkin ini karena gue sering curhat sama temen lalu temen gue ini emang agak kampret. Selalu memberi sugesti negatif pada saat gue curhat. Tapi gue juga ngerasa bodoh sih. Udah tau sugestinya negetif, malah tetap gue terima dengan baik. Bodoh banget.....

Sebut saja Martha. Wissss.... namanya percis kayak ibunya superman ya??? Gue sengaja menyamarkan namanya menadi Martha karena ada satu alasan kuat. Yaitu karena dia suka sama ibunya superman. Martha ini termasuk dalam kategori cewek cantik menurut gue. Cuma karena keribetan dan kebawelannya sangat tidak bisa di kontrol, alhasil kecantikannya memudar setiap hari.

Pada suatu hari gue ajak dia ke sebuah tempat makan yang enggak mewah-mewah amat karena gaji gue sebagai buruh enggak cukup jika harus mengajak martha makan ke restoran berbintang. Dengan sogokan semacam itu gue yakin martha enggak akan nolak dan enggak akan mencaci maki gue di saat gue bercerita kelak. Kalo gue sampe di caci maki, gue akan membiarkan dan meninggalkan martha di tempat makan itu sebelum di bayar. Pokoknya gue udah siap banget dengan segala respon martha pada saat itu.

Sesampainya kami di tempat makan itu. Kami pun duduk di antara banyaknya pasangan yang sedang menikmati hidangan. Ada yang sambil suap-suapan, ada yang sambil pegangan tangan, ada yang sambil tatapan, bahkan ada yang sambil bermain pesawat-pesawatan. Namun setelah gue perhatikan itu adalah seorang ibu dan anaknya. Pantas saja........

Tidak lama kami duduk tiba-tiba saja ada pria yang mengahmpiri.“silahkan mas dan mbaknya bisa di lihat menunya” ucap pria itu lalu pergi lagi.

“eh tha itu siapa sih? Sok asik banget sumpah. Kita kan disini mau makan, bukan mau ngeliatin makanan” gue sewot.

“eh dodol, itu waiter” martha ikut sewot.

“kok waiter ada sini? Bukannya kerjaan dia cuma nulis?” tanya gue

“itu writer njir. Gue colok sumpit nih bibir lu” marta keliatan marah.

“coba kalo berani. Bakal gue tinggal lu disini” ancem gue

“kampret jadi itu senjata lo? Basi banget. Oke gue diem dan coba berlemah lembut sama lo” martha pasrah

“nah gitu baru cewek. Cepet lu mau pesen apa?” tanya gue lagi

“yeeee lu cepet-cepet, dari tadi lu nanya mulu kaya wartawan nyasar. Gue mau pesen lemon tea aja” jawab martha

kampret, lu enggak makan? Kan gue yang traktir.”

“enggak, badmood gue ngeliat orang suap-suapan” martha keliatan kesal.

Maklum, martha punya kenangan buruk tentang suap-suapan. Dari banyak cerita yang dia sampaikan kepada gue, yang gue ingat hanya kejadian detik-detik ia menjelang putus. Martha harus putus dengan pacarnya karena pacarnya di jodohin. Pada saat itu usia hubungan mereka sudah lebih dari 3 tahun. Nah, sejam sebelum putus martha suap-suapan sama pacarnya. Mungkin itu yang membuat martha kesal bila melihat pasangan sedang suap-suapan.

“yaelah, lu genit aja noh di depan om-om yang pake baju merah. Nanti lu di suapin. Percaya sama gue” Ejek gue

“au ah males”

Akhirnya gue dan martha sepakat memesan 2 lemon tea. Pengunjung makin ramai berdatangan. Bahkan gue melihat sekeliling tidak ada lagi kursi kosong. Gue beruntung datang lebih awal karena masih bisa memilih tepat duduk di sebelah mana. Martha masih kelihatan begitu unmood di tambah dengan kondisi rungan yang penuh seperti ini. Sudah lebih dari sepuluh menit minuman kami berdua tak kunjung datang. Gue pun akhirnya ikut badmood.

“eh lu diem aja. Bisulan atau sariawan?” gue memecah keheningan

“kampret lo. Lu katanya pengen cerita.”

“iya nih tha, gue lagi deket sama cewek. Tapi dia pacar orang” gue mulai bercerita.

“terus?” Ekpresi martha datar

“ya gue harus gimana?” gue bingung

“terus gue peduli? Kayaknya enggak deh. Hahaha” ejek martha

“woy serius ini. Gue butuh solusi yang pas” gue mulai memfokuskan martha

“ya lu lagian deketnya sama pacar orang. Yang ada lo cuma di manfaatin, Cuma jadi persinggahan di saat hatinya sedih aja.”

“kok lu bisa ngomong gitu tha?” Gue masih enggak terima.

“yaiyalah, apa lu pernah dapet bbm dari dia pada saat dia lagi seneng sama pacarnya? apa lu pernah dapet perhatiannya pada saat dia lagi sama pacarnya? lu Cuma di erhatiin pada saat pacarnya ngejauh. Lu Cuma di butuhin pada saat pacarnya hilang. Kasian gue sama lo ndry.”

Sejenak gue berpikir kenapa si martha ini bisa tau tentang keadaan gue dan Amel. padahal gue belum cerita secara mendetail. Apa martha ini keturunan dukun? Atau martha punya indra ke-enam? Atau memang benar bahwa Martha adalah ibunya superman?

“tapi kata bokap gue cinta itu perlu di perjuangkan tha. Jadi hahal dong kalo gue berjuang buat dia.” Gue masih mengelak

“apa lo kata berjuang? Berjuang buat orang yang salah maksud lo? Hahaha lu enggak inget sujiwotedjo pernah bilang “Jangan berusaha lari bila ingin di kejar, karena berjuang tak sebercanda itu.” Lu pasti pernah baca kalimat itu.”

“iya sih tha. Ihh berarti gue bodoh banget ya tha?”

“bukan banget lagi, tapi banget banget. Hahaha”

Enggak lama setelah Martha menertawakan gue, pesanan kami datang. Gue lemas dengan pernyataan Martha. Dia membuat gue berpikir jika selama ini gue hanya menghabiskna waktu untuk orang yang salah. Gue harusnya bisa memberi perjuangan gue untuk perempuan yang layak. Martha benar-benar sudah membuka pikiran gue. Gue enggak berasa rugi jika harus mengeluarkan uang sebanyak gaji sebulan gue. Paling-paling gue merasa sedih karena satu bulan tidak bisa makan.

Pasca pertemuan gue dengan Martha, gue udah enggak lagi ngecha Amel di bbm. Gue hanya sibuk membuat personal messenger yang tidak penting. Lagipula hubungan Amel dengan pacarnya sudah membaik dan gue mulai membenarkan apa yang di katakan Martha tempo hari. Gue sudah tidak di butuhkan....

Gue juga belajar menjadi jahat pada Amel. pokoknya kalo dia ngechat gue di bbm. Gue cuma bales singkat dan seperlunya aja. Gue capek di bilang baper, gue capek kalo gue baper dianya enggak balik baper. Justru dia malah baper sama pacarnya. Gue juga capek kalo harus ke bogor jalan kaki. Oke yang terkahir abaikan.

Sampai pada akhirnya gue memutuskan untuk menjauh dari Amel. Gue coba membuang rasa ini jauh-jauh. Gue mencoba untuk memperlakukan Amel seperti halnya gue dan Martha. Hanya seorang teman. Enggak lebih. Gue tahu bahwa ini sebenarnya agak berat. Tapi dengan paksaan gue yakin gue bisa. Bisa gila maksudnya.

Gue ingin ini menjadi tulisan terakhir tentangnya. Gue ingin berpetualang lagi menacri cinta. Mungkin Amel berpikir gue laki-laki yang lemah. Daya juang gue terlalu lemah. Tapi menurut gue, gue mundur dengan cara yang terhormat. Karena berharap padanya sama saja berharap indonesia menjadi negara maju. Bukan tidak mungkin, tapi entah kapan sampai kapan. Dengan tulisan ini juga gue mau minta maaf. Maaf karena sudah hadir di kehidupan kalian. Maaf sudah sempat menganggu hubungan kalian. Maaf juga karena gue baru sadar sekarang-sekarang.

Cara terbaik menjaga orang yang kita sayangi adalah dengan cara menjadikannya teman. ~ Anonim

Good bye Amel. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar