Sabtu, 16 Januari 2016

Dosen Pengantar Cinta


             “ANDRY BANGUN........ MAU KULIAH GAK?????” Teriak emak gue.

“hoammm....... iya mak bentar yak 5 menit lagi.” gue menjawab.

“5 MENIT KAMU ITU BISA EMAK PAKE BUAT SHOLAT, NYUCI PIRING, NYUCI BAJU, PERGI KE PASAR, DAN NYELAMETIN PALESTINA”

Anjer.......... emak gue korban twitter.

Sejak saat itulah gue tobat memakai kalimat “bentar 5 menit lagi”. Saat itu juga gue gagal bangun siang padahal hari itu hari minggu. Cocok untuk menghabiskan waktu dengan cara bangun tidur se-siang mungkin. Kalo bisa gak usah bangun sekalian, biar nanti pas bangun udah ada di alam yang berbeda.

Yak benar gue memilih hari minggu sebagai waktu untuk menimba ilmu. Karena senin sampai dengan sabtu gue disibukan dengan aktifitas yang sangat padat di pabrik. Memang berat jadi mahasiswa mingguan. Ada saja yang melemparkan kalimat seperti ini “lu kuliah apa bayar uang kas sih? Kok seminggu sekali?” untung gue orangnya santai. Kalimat seperti itu gak akan gue masukan ke dalam hati, tapi gue masukan ke dalam isi skripsi nanti. Hehe........

Gue kuliah di salah satu universitas swasta yang berada di kota Tangerang. Kebetulan gue masuk di fakultas ilmu sosial dan politik. Gue tertarik sama ilmu komunikasi, karena disitu gue akan memfokuskan diri gue untuk terjun ke dunia periklanan. Sebagai mahasiswa yang gak rajin-rajin amat. Gue dan dosen sering adu argumentasi tentang keterlambatan gue dalam memasuki kelas dan mengerjakan tugas. Gue berargumen kalo dijalan macet. Dosen berargumen kalo gue itu males. Kenyataannya memang argumen dosen tidak bisa dipungkiri. Gue baru semester 1 aja malesnya udah kaya dewa, gimana semester 8. Allah.......

Untungnya males ini hanya berlaku untuk berangkat dan mengerjakan tugas kuliah saja. Ada hal yang gue rajinin. Yaps, beli buku. Gue seneng kalo dosen udah nyuruh mahasiswanya beli buku. Selain gue ada bacaan dirumah, buku juga bisa gue pake buat senjata kalo ada kecoa rese yang terbang-terbangan di atas kepala gue dalam waktu kurang lebih satu jam.


=====================

Membeli buku gak nikmat rasanya kalo gak beli di tempat langganan. Yaps gue juga punya tempat langganan dalam soal perbukuan. Sebut saja bang jeki, orangnya ramah, baik, gampang ditawar, dan gak mau ambil pusing. Menurut gue pribadi sih, Cuma dia orang yang ganteng tapi baik hati dan tidak sombong. Gue banyak belajar kepadanya. Toko buku bang jeki ini lengkap, mulai dari novel, roman, edukasi, sampai kamus pun ada. Memang kualitasnya tidak sebagus buku yang di jual oleh gramedia. Tentang harga pun berbeda jauh. Itulah alasan kenapa gue jadi langganannya pada saat ini.

Pada suatu hari dosen politik mewajibkan mahasiswanya mempunyai buku tentang pengantar ilmu politik. Sebagai mahasiswa yang gila akan buku, gue antusias menanggapi hal itu. Selain gue punya bang jeki yang bisa diandalkan, gue juga ingin tahu bagaimana sistem politik itu bekerja. Soalnya masyarakat menganggap politik itu jahat, kejam, dan anti empati. Akhirnya setelah kuliah selesai gue langsung mengunjungi toko buku bang jeki.

“hai bang, gimana kabarnya?” gue basa basi.

“ah lu ndri pake nanya kabar segala, baru juga kemaren malem lu kesini.”  Jawab bang jeki.

“hahaha, kan basa basi itu gak ada salahnya bang”

“tapi basa basi lu itu udah jadi basi banget ndri buat gue. Hahaha eh lu mau nyari buku apa?”

“emmmmm, buku pengantar ilmu poitik bang, ada gak ya kira-kira?” gue sambil mencari.

“oh itu karya miriam budiarjo kan yang covernya warna biru?” tebak bang jeki.

“woho bener banget bang. Gue mau dong satu.” Gue sok asik.

“satu doang? Pacar lu gak dibeliin? Payah lah.” Ejek bang jeki.

“sial lu bang, nanti lah kalo emang banyak yang minat gue kemari lagi” gue agak kesal.

“whahah canda kali ceng, sensi amat kalo bahas pacar. Yaudah gampang nanti kabarin aja ke gue ndri.”

“oke bang.”

Bang jeki emang udah biasa menyindir gue dengan sosok seorang pacar. Maklum dia pengantin baru dan sudah dikaruniai satu orang anak. Setelah gue mendapatkan bukunya gue bergegas pulang. Lagipula disamping bang jeki yang udah mulai rese, langitnya juga mendung seolah menandakan akan hujan. Karena hujan datangnya keroyokan dan membuat dingin perjalanan. Setelah dingin, gue masuk angin. Yahhhhh pokoknya hujan tak seindah dengan apa yang gue baca di berbagai novel.

=====================

Sesampainya gue di rumah hujan turun dengan derasnya. Tidak hanya air, kenangan gue dan mantan pun ikut turun. Semuanya bercampur membasahi bumi dan hati ini. Lagi sedih-sedihnya gue, gue inget punya buku baru. Gue inget kalo rasa penasaran gue tentang politik harus dihilangkan. Gue langsung bergegas membuka tas, mengambil bukunya, sobek pelastiknya, terus dicelupin. Oke maaf gue bercanda. Gue buka daftar isinya. Gue coba membacanya. Pas masuk bab 1 kesedihan gue bertambah. Isinya tulisan semua. Gak ada gambarnya. :(

Lagi-lagi di balik kesedihan gue, ada saja yang mengaihkannya. Handphone gue berbunyi nada bbm. Gue membukanya ternyata beberapa temen kampus gue nanya tentang buku politik itu. Mereka menanyakan apakah gue sudah membelinya atau belum. Yang dengan singkat gue balas sudah. Lalu mereka ingin juga buku seperti gue. Inilah cikal bakal gue bertemu dengan sosok bidadari.

Ada salah seorang perempuan yang ingin juga membeli buku itu lewat gue. Sebut saja Amel. Namanya sengaja gue samarkan karena namanya terlalu indah bila harus di tuliskan. Parasnya cantik, pipinya embem ala-ala anak socialita jaman ini, bedanya dia adalah sikapnya yang kalem. Udah kaya parfum-parfum yang di iklanin di tv pokoknya. Yang membuat gue melemah adalah saat melihat senyumnya. Gue seolah ingin jatuh di pelukannya.

Seperti biasa, hal yang indah pasti saja menemukan kesialan. Sial yang pertama gue baru menyadari bahwa ada perempuan seindah dia. Padahal sejak pertama masuk gue sudah melihatnya. Sial yang kedua adalah kami berbeda kelas. Gue jadi terbatas melihat keindahan makhluk Tuhan yang satu itu. Untungnya gue mahasiswa yang banyak cara. Gue coba meminta pin bbm dia pada teman sekelasnya. Sebut saja valen. Gue juga gak nemuin teori kenapa namanya gue samarkan jadi valen. Padahal dia adalah seorang pria tulen. Hanya saja kacamatanya yang mirip perempuan. Tapi hanya karena itu bukan landasan teori yang tepat untuk filosofi valen. Hahaha apasih......

“val lu tau gak nama cewek yang di sebelah kiri pipinya ada tahi lalatnya?” gue pura-pura mengawali

“duh siapa? Sorry ndri gue jarang merhatiii cewek kelas” valen kebingungan.

“ah val, lu gak keren. Coba sini gue liat group kelas lu di bbm. Pasti ada dia” gue sedikit kesal.

“yaudah nih lu liat aja dah” valen pasrah

Setelah beberapa menit gue menemukan orang yang gue maksud. Dan langsung saja gue menanyakan kepada valen siapa namanya.

“nih val yang ini nih orangnya” gue memperlihatkan fotonya.

“oh itu sih si amel kenapa ndri? Lu naksir? Udah punya peliharaan dia” valen keliatan paham

APAH? AMEL UDAH PUNYA PELIHARAAN? PELIHARAANNYA KUCING ATAU MARMUT? GUE MAKIN PENASARAN.

“itu peliharaannya kelinci atau kucing val?” gue bingung

“lu pea atau beneran polos sih ndri?? Peliharaan dissini maksudnya pacar.”

“WHAT? AMEL UDAH PUNYA PACAR? GUE GAK PEDULI VAL, GUE UDAH TERLANJUR NAKSIR SAMA DIA, GUE UDAH TERLANJUR NGELIAT KEINDAHAN DIA.” Tentu saja itu gue ucapkan dalam hati.

“oh coba val gue minta pinnya” gue sok tegar.

“nih foto ajadah”

Setelah gue mendapatkan pin si Amel, ternyata benar. Amel sudah mempunyai laki-laki yang tentu saja lebih tampan dari gue. Picture bbm Amel yang sedang bersama dengan pacarnya itu seolah telah mengiris-ngiris hati gue. Pacarnya curang. Dia lebih dulu menemukan bidadari, dia lebih dulu menemukan keindahan dibanding gue. Dia curang pokoknya. Gue masih gak terima dengan kenyataan pahit ini.

Setelah seminngu kita kontak-kontakan di bbm. Gue baru berani chat Amel. Awalnya sih gue takut Amel cewek yang cuek karena sudah punya pacar. Tapi ternyata gue salah. Amel lebih menyenangkan dari yang gue sangka. Chat awal saja bercandaan kami begitu mengalir, meskipun tidak jelas arah alirannya kemana, kami tetap tidak bisa berhenti bila sudah adu chating di bbm. Yang bisa memberhentikan chat kami hanyalah waktu. Ketika waktu sudah mulai larut, kita sama- sama berpamitan untuk tidur. Pokoknya Amel menyenangkan di hati gue.

            Seminggu, dua minggu gue masih menikmati jadi orang ketiga di kehidupanya Amel. Tapi seiring berjalannya waktu rasa gue ke Amel mulai menjadi, gue jadi makin baper sama dia. Gue juga jadi cemburu kalo liat dia pasang gambar bbm berdua dengan cowonya. Tapi gue masih seneng dengan keadaan ini, bercandaan gue dengan Amel makin tidak bisa dihindari lagi. Apalagi dia sepertinya sudah tau kalo gue menyimpan satu rasa untuk dirinya. Dia malah membuat gue seneng di setiap chatnya dengan alasan “bikin orang seneng kan dapet pahala ndri. Hehe”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar